phone: +6285 749 502 240
e-mail: ukm.kommust@gmail.com
facebook : Kommust Organizer
instagram : @ukmkommust
twitter : @kommust
soundcloud : UKM KOMMUST

About Us

Perkembangan UKM Musik di kampus UIN Malang diawali pada tahun 1992 dengan nama Faktaria Nada Band (FNB). Dan pada tahun 1997 Faktaria Nada Band berubah nama menjadi KOMMUST disesuaikan dengan perubahan status IAIN Sunan Ampel Malang menjadi STAIN Malang. Setelah mencapai umur 5 tahun sesudah peralihan tersebut, STAIN Malang merubah dirinya menjadi perguruan tinggi yang lebih luas yang luas dengan status baru yaitu UIN (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI) Malang. Tetapi nama KOMMUST tetap dipertahankan sebagai nama UKM Musik di UIN Malang dan juga sebuah nama keluarga besar serta persaudaraan yang erat diantara anggota-anggotanya, karena KOMMUST di kalangan akademis dan masyarakat Malang sudah dikenal dengan baik.

Secara garis besar perkembangan UKM Musik di lembaga ini cukup lancer walaupun ada beberapa pihak yang kurang responsif dan mendukung dengan keberadaan UKM Musik ini, yang mungkin disebabkan karena kurangnya pemahaman dan penilaian yang menyeluruh tentang UKM ini. Sejak dari 1997 FNB mulai menampakkan aktivitas dan prestasinya dengan menjuarai beberapa event parade dan festival di lokal Malang, Setelah FNB berhasil dengan perintisan UKM Musik sebagai komunitas musik, walaupun saat itu sistem manajemen organisasi, sebagai alat untuk mewujudkan tujuan organisasi, belum tesentuh sama sekali, lahirlahmaka tanggal 10 Juni lahirlah KOMMUST pada tahun 1999, dengan membawa warisan tradisi dan infrastruktur FNB di kalangan akademis. KOMMUST mulai mengembangkan eksistensinya sebagai komunitas (perkumpulan mahasiswa yang punya minat dan bakat) musik dan juga sebagai sebuah organisasi yang berkecimpung dalam dunia musik. Mulai dari penyelenggaraan event dan juga menghadiri beberapa undangan dari kampus lain, sehingga KOMMUST dapat dikenal di kalangan kampus se-Malang yang secara otomatis membawa dan memperkenalkan nama kampus.

Dalam perjalanan waktu selama 10 tahun ini, KOMMUST berkembang dengan pengalaman-pengalaman yang ia dapat, menjadi sebuah organisasi dan komunitas mahasiswa yang berkreasi dan berapresiasi lewat musik. Visi, misi, dan tujuannya mulai jelas dan terarah. Proses pencapaian tujuan tersebut diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan, dimana keempat proses itu adalah proses penelitian, pengembangan, pembentukan (pendidikan), dan pengabdian. Keempat proses itulah yang saat ini akan menjadi prinsip dan ideologi Unit Kegiatan Mahasiswa Musik “KOMMUST” UIN Malang.

Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk, jalan yang lurus, serta kemudahan kepada kami, untuk mengemban amanah yang diberikan oleh Allah sebagai khalifah-Nya untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya, serta amanah yang diberikan oleh kampus untuk selalu membawa nama baik dan almamaternya. Amin.

3 komentar:

  1. keren rek blog e...

    lek iso di tambahi konten e ...
    cb d tambahi konsep manajemen organisasi karo musik...

    BalasHapus
  2. oke bang. masukan diterima. suwun yo bang... ^_^

    BalasHapus