phone: +6285 749 502 240
e-mail: ukm.kommust@gmail.com
facebook : Kommust Organizer
instagram : @ukmkommust
twitter : @kommust
soundcloud : UKM KOMMUST

ALBUM KOMPILASI "REINKARNASI" 2015






Malang, Mei 2016 – Belantika musik Indonesia memang tiada matinya. Musisi indonesia tak pernah berhenti melahirkan karya-karyanya dari waktu ke waktu, karya tersebut selalu berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan pemusik maupun penikmat musik Indonesia. Kota Malang adalah salah satu kota besar di Indonesia yang melahirkan karya dan musisi-musisi ternama tanah air. Hal ini juga yang membuat UKM Kommust UIN Malang termotivasi untuk membuat Album Kompilasi yang bertajuk “REINKARNASI” yang berarti UKM Kommust terlahir kembali dengan karya baru mereka.

            UKM Kommust adalah Komunitas musik yang dinaungi oleh Universitas Islam Negeri Malang yang telah merilis album keduanya yang bertajuk “REINKARNASI” setelah sebelumnya mereka merilis Album “INTRODUCTION” pada tahun 2007. Penantian panjang UKM Kommust  yang akhirnya membuahkan hasil yang positif yakni telah rilisnya album “REINKARNASI” pada tahun 2016 saat ini.

            Album “REINKARNASI” adalah perwujudan penantian delapan tahun UKM Kommust untuk kembali melahirkan karya mereka. Oleh karena itulah kami sepakat memberikan judul album “REINKARNASI” yang berarti UKM Kommust telah membuahkan karya kembali setelah tidur panjang yang dilalui. Dan dengan lahirnya album ini semoga UKM Kommust kedepan menjadi lebih baik dan dapat meramaikan belantika musik tanah air khususnya di Kota Malang.

            Dalam Album ini berisikan 10 Homeband yang dinaungi oleh UKM Kommust yakni Mechanical Puppet Beams, Nocturnall, Blood Molesters, Of Absolute Zero, Good Fist, Ten Of Noph, Under Tree, Against, Roots 15 dan DownStairs  and The left Side, lagu-lagu ini semuanya dikerjakan di ETC Recording Malang. Album ini sengaja kami bebaskan genre, tema lagu ataupun style musik agar semakin terlihat karakter dalam masing-masing band dan sesuai dengan slogan UKM Kommust yakni “Save The Music Serve All Love All”.

            Harapan kami semoga UKM Kommust kedepan selalu melahirkan karya-karya terbaik mereka dari tahun-ketahun sebagai eksistensi dalam dunia musik. Bukan hanya itu semoga album ini dapat diterima oleh pecinta musik tanah air sehingga UKM Kommust semakin melebarkan sayap mereka di belantika musik tanah air. Amin

            Sepuluh Homeband dengan sepuluh lagu mereka yang tergabung dalam album kompilasi “Reinkarnasi”, diantaranya:
1.      BLOOD MOLESTERS – Full of Hate
2.      ROOTS 15 – Tak Terlupakan
3.      MECHANICAL PUPPET BEAMS (MPB PUNK) – Without You
4.      AGAINST – Said Lawless
5.      OAZE – Friday Morning
6.      DOWNSTAIRS AND THE LEFT SIDE – Hilang Beranjak
7.      GOOD FIST – Cleveland
8.      NOCTURN ALL – We Are Strong
9.      UNDER TREE – Andai Ku Bisa
10.    TEN OF NOPH - Terlepas


BAND PROFILE AND SONGS
1.      BLOOD MOLESTERS – Full Of Hate
            Blood Molesters adalah band asal malang yang mengusung genre death core dan terbentuk pada 2013. Anggota band ini 4 orang, diantaranya; Ridho sebagai vocalist scream, Artit Fauzi sebagai vocalist growl, Dedeng sebagai guitarist dan Bahtiar sebagai drummer. Namun pada awal tahun 2016, Bahtiar mengundurkan diri dikarenakan fokus pada studinya. Akhirnya Blood Molesters merekrut drumer Nocturn All yaitu Ghulam.
            Lagu berjudul “Full Of Hate” menceritakan kebencian terhadap orang yang keras kepala dan egois.

2.      ROOTS 15 – Tak Terlupakan
Satu-satunya band bergenre Reggae ini terbentuk pada tahun 2014 dengan 4 personil, diantarnya; Ade Dwi sebagai vocalist dan rhythm guitarist, Abd. Samad sebagai Lead Guitarist,  Iqbal sebagai bassist dan Romi sebagai Drumer.
“Tak Terlupakan” adalah sebuah lagu yang menceritakan tentang dua insan yang saling menyayangi walau hubungan mereka harus terpisahkan oleh jarak atau dalam kata lain long distance relationship.

3.      MPB PUNK – Without You
Mechanical Puppet Beams (MPB Punk) merupakan sebuah band yang mengusung jenis musik pop punk dan terbentuk pada bulan September 2012. Pada awal berdirinya MPB terdiri dari Akbar sebagai vocalist, Songong sebagai guitarist, Ikhwan sebagai guitarist, Yugo sebagai bassist, Dul sebagai drummer dan Abid sebagai synthesizer dengan single pertama yang berjudul “Pecundang”
Pada tahun 2013, Abid keluar karena harus fokus dengan perkuliahannya. Kemudian tahun 2014, Akbar dan Ikhwan telah menyelesaikan studinya dan kembali ke Makassar. Dan sampai sekarang formasi tetap beranggotakan 3 orang personil. Bersamaan dengan ini MPB merilis single yang ketiga yaitu “Without You” yang telah record di AA Studio Record.
“Without You”, lagu ketiga MPB PUNK yang tergabung dalam album kompilasi ini bercerita tentang kehilang salah seorang yang sangat penting dalam kehidupannya.

4.      AGAINST – Said Lawless
            Against adalah band bergenre hardcore yang beranggotakan Malthuf sebagai drumer, Hamas sebagai guitarist, dan Rizqi Wahyu sebagai vocalist. Band yang terbentuk pada tahun 2015 ini dinamakan Against karena terbesit dari sikap perlawanan terhadap sesuatu yang menyimpang. Sebagaimana arti dari Against sendiri adalah melawan sesuatu yang harus dilawan.
             Lagu yang berjudul “Said Lawless” merupakan kritik terhadap penerapan hukum yang tidak bersih. Aparat hukum seringkali menghakimi seorang dengan seenaknya dan sewenang-wenang. Oleh karenanya, dilaksanakannya hukum yang jujur adalah tujuan lagu ini.

5.      OAZE – Friday Morning
OAZE mempunyai kepanjangan Of Absolute Zero yakni nol mutlak, yang berarti bahwa personil di band ini bisa bebas melakukan apa saja, karena pada dasarnya angka nol bisa bergerak bebas, bisa menuju positif maupun negatif. Dalam arti lain, personil band ini mempunyai pemikiran luas dan bisa dituangkan dalam alunan melodi yang menjadi suatu kesatuan. Sedangkan OAZE sendiri bisa diartikan juga penyejuk.
Band bergenre Alternative rock / post rock ini terbentuk pada tanggal 13 April 2014. Sedangkan personil awalnya diantaranya; Fahrurrozi sebagai vocalist, Ariyanto sebagai lead guitarist, Bahroin sebagai rhythm guitarist, Yusuf sebagai bassist, dan Hammas sebagai drumer. Namun pada tahun 2015 personil menjadi 3 orang yaitu, Bahroin, Yusuf dan Hammas, dan menambah Ridho menjadi bassist sedang Yusuf beralih menjadi lead guitarist.
“Friday Morning” adalah sebuah lagu yang berpesan “Bertemanlah dengan semuanya”. Dalam pertemanan pasti ada sedih, bahagia dan saling melengkapi satu sama lain. Sebuah pertemanan yang baik juga saling memikul masalah satu sama lain.

6.      DOWNSTAIRS AND THE LEFT SIDE – Hilang Beranjak
            Turun tangga dan sebelah kiri apalagi kalau bukan letak Studio Komunitas Musik Studio Tiga (Kommust). Alhasil letak studio tiga ini menjadi sebuah nama band yang terbentuk tahun 2015, “Downstairs and The Left Side”. Band bergenre pop beranggotakan Fajar Ayu sebagai vocalist dan Yugo Sarjono sebagai keyboardist.
“Hilang Beranjak” adalah lagu yang menceritakan seseorang yang tengah merasa dalam posisi paling bawah sampai dia tidak bisa melakukan apa-apa dengan pikiran kosongnya. Tapi pada suatu saat dia sendiri berhasil membangkitkan pikirannya,  bahwa ia harus bahagia dan menyadari bahwa dunia itu indah.

7.      GOOD FIST - Cleveland
Good Fist terbentuk tahun 2013 saat Nabil dan Malthuf berencana untuk membentuk band  bergenre Alternatif Rock. Band yang terdiri Malthuf sebagai drumer, Nabil sebagai vocalist, Bagus Nugroho sebagai bassist, dan Nurdiansyah sebagai rhythm guitarist ini selang berjalannya waktu mengalami pergantian personil dimana Malthuf, Bagus dan Nurdiansyah tetap pada posisi nya ditambah dengan Abd. Samad sebagai additional di Lead Guitar.
Asal Usul Good Fist sendiri adalah sebuah istilah dari sang vocalist tentang keinginan yang terkabulkan oleh sebuah proses yg besar. Sedang arti GoodFist sendiri adalah “Pukulan yang Baik” dalam kata lain apa yang dia inginkan dapat terkabulkan.
“The Cleveland” adalah lagu pertama Good Fist yang menceritakan seseorang yang hidup di kota mati dan orang tersebut mempunyai ambisi penuh untuk menghidupkan kota tersebut.

8.      NOCTURNALL – We Are Strong
Band ber-genre Metalcore/rock ini terbentuk pada 13 Maret 2013. Nama NOCTURNALL diambil dari kata Nocturnal yang berarti aktifitas di malam hari, nama ini sekaligus menjadi gambaran bahwa para personil dari band ini sering beraktifitas dimalam hari. Sebelum berganti nama menjadi NOCTURNALL, nama band ini adalah ETERNIAN selama hampir tujuh bulan.
Terbentuknya band ini berawal dari sebuah event musik di Aula ITN (Institut Teknologi Nasional) Malang. Pada saat itu band ini dibentuk oleh Galih (Mantan vocalist Eternian) dan mengajak teman-teman se-organisasi yakni Syafa sebagai lead guitarist, Ghulam sebagai drumer, Ridho sebagai bassist dan vocalist 2 dengan mengusung genre Post-Hardcore. Setelah kurang lebih sekitar 5 bulan band ini ditinggal oleh vokalisnya (Galih) karena ada kesibukan tertentu, personil baru yakni Roin dan Azhar, mereka di posisi vokal dan gitar. Setelah itu mereka tetapkan personil mereka ada 5 orang.
Lagu “We Are Strong” merupakan gambaran tentang pribadi seseorang yang kuat dan ditempa berbagai macam masalah disekelilingnya. “We Are Strong”, menunjukkan bahwa tak ada masalah yang perlu dikhawatirkan seperti dalam kutipan liriknya “Kami akan membuktikan tanpa campur tanganmu, Harga diri kami harga mati”.

9.      UNDER TREE – Andai Ku Bisa
Under Tree terbentuk pada tanggal 4 oktober 2014 dengan personilnya; Tsalats sebagai vocalist, Luthfi sebagai bassist, Annas sebagai lead guitarist, Bagus sebagai rhythm guitarist, dan Hamas sebagai drumer. Band bergenre pop ini terbentuk saat personilnya belum resmi menjadi anggota UKM KOMMUST, tepatnya saat Kommust Organizer mengadakan registrasi Music Promo pada tahun 2014, Undertree mendelegasikan dirinya untuk menjadi band pengisi pada event tersebut.
“Andai Ku Bisa” merupakan lagu pertama Under Tree mengisahkan tentang wanita yang berusaha untuk melupakan seseorang dimasa lalunya. Dan seseorang yang ingin ia lupakan telah memberikan kenangan kepadanya juga telah meninggalkannya. Akhirnya sang wanitapun ingin sekali melepaskan diri dari bayang seseorang yang telah meninggalkannya tanpa alasan yang jelas.

10.  TEN OF NOPH - Terlepas
            Ten of Noph adalah band bergenre pop yang terbentuk pada tanggal 10 November 2014. Oleh karena itu nama band ini merupakan tanggal terbentuknya yaitu 10 November dimana bertepatan dengan hari pahlawan. Ten of Noph sendiri terdiri dari enam personil, diantaranya; Claudia sebagai vocalist, Ridhodin sebagai rhythm guitarist, Ade sebagai lead guitarist, Rizqi sebagai bassist, Baiq sebagai keyboardist dan Bahtiar sebagai drummer.  
            Lagu “Terlepas” adalah lagu yang menceritakan tentang kisah seseorang yang ditinggal pergi oleh kekasihnya. Walaupun seseorang yang ditinggal itu sangat menyayangi kekasihnya namun ia merasa bahwa ia tak berharga dimata kekasihnya dan ia tak ingin kekasih yang telah menyakitinya kembali padanya.

CONTACT PERSON :
Ghulam Muhammad (081548534625)
Ade Dwi (081937711577)

OTHER LINK :
SOUNDCLOUD  : UKM KOMMUST
WEBSITE         : www.ukmkommust.com
TWITTER         : @kommust
INSTAGRAM    : @ukmkommust
FACEBOOK      : Kommust Organizer

YOUTUBE        : UKM KOMMUST

0 comments: